Ulupi – tokoh wayang.

Standard

Ulupi.  (isteri Arjuna)

.

Tokoh wayang keluarga Arjuna, Ulupi, Kanwa Resi, Mahabarata, pertapaan Yasarata, Kala Pracona, Gilingwesi, bidadari Gagarmayang, Bambang Irawan, Kala Srenggi, negera Goabarong.

.

Narasi dan gambar tokoh disiapkan Agus Andoko.

.

.

Ulupi adalah perempuan rupawan anak Resi Kanwa dari Pertapaan Yasarata. Suatu hari ia menemukan Arjuna di pelataran padepokan dalam keadaan pingsan. Arjuna yang kalah bertarung melawan Kala Pracona dari Gilingwesi yang tengah memporak porandakan Kahyangan karena lamarannya atas bidadari Gagarmayang ditolak, melemparkan lawannya yang pingsan hingga jatuh di pertapaan Yasarata.

 

Ulupi merawat Arjuna dengan penuh kasih sayang sampai pulih kembali. Cinta bersemi diantara keduanya hingga mereka menikah dan Ulupi hamil. Seperti adat sebelumnya, Arjuna meninggalkan isterinya dalam keadaan hamil. Pada saatnya Ulupi melahirkan bayi lelaki, diberi nama Bambang Irawan yang sepenuhnya mewarisi ketampanan sang ayah. Bambang Irawan pun dibesarkan Ulupi dan kakeknya di pertapaan Yasarata.

 

Menjelang dewasa Bambang Irawan mencari ayahnya sekaligus hendak bergabung dengan Pandawa yang telah siap dalam perang besar Bharatayuda. Tragisnya, di tengah perjalanan ia disergap Kala Srenggi, raksasa dari negeri Goabarong, yang dendam kepada Arjuna sebab ayahnya dibunuh Arjuna. Kala Srenggi yang terbang di angkasa mengira bahwa lelaki muda yang tengah berjalan di bawah adalah Arjuna sebab profilnya begitu mirip orang yang dicarinya itu. Bambang Irawan tewas, sebelum bertemu Arjuna yang mengukir jiwa raganya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s