Semoga Gusti – sang Pencipta, Pemelihara, Pemusnah – senantiasa berkenan memberkahi Jagad Raya seisinya.
Kami mohon jauhkanlah kami dari aral melintang dalam perjalanan kami menyusun blog ini.

Semoga Gusti mengijinkan mengkabulkan.

.

.

Hal yang Mendorong Dibuatnya Blog ini :

.

Cerita utama yang dipakai dalam pewayangan Jawa adalah Mahabarata dan Ramayana yang berasal dari India. Sudah beratus tahun cerita itu dipakai. Beratus tahun kaum Jawa dalam kehidupan berkesenian-lokalnya mengulum, mengunyah, menelan, ‘ nggayemi ‘ / memamah biak cerita itu. Kemudian meramunya kembali dengan bumbu bercita rasa lokal Jawa dan di-ekspresi-kan dengan nuansa Jawa. Jadilah Mahabarata dan Ramayana di pakeliran wayang purwa Jawa seperti saat ini.

.

Bumbu dan ramuan lokal memunculkan tokoh-tokoh wayang dan lakon-lakon carangan lokal yang sebelumnya tidak ditemui di cerita wayang dari India tersebut. Dan justru tokoh dan lakon lokal tadi lebih menyita porsi perhatian pemangku kepentingan jagad pakeliran wayang purwa Jawa.

.

Selayaknyalah tokoh-tokoh wayang purwa Jawa ; baik yang tokoh asli di cerita India ( namun sudah dapat sentuhan nuansa Jawa ) , maupun tokoh lokal Jawa ; diperkenalkan kepada para peminat pewayangan purwa Jawa. Ada pepatah : Tak kenal maka tak sayang.

.

Hal lain yang mendasari dibuatnya blog ini adalah dampak terjangan kemajuan teknologi informatika terhadap kebudayaan ( termasuk seni ) lokal. Kemajuan teknologi informatika yang pesat tanpa diikuti dengan penyajian kandungan ( content ) lokal yang baik dan seimbang akan – secara tak terasa – berangsur angsur mencabut apresiasi kaum terhadap kebudayaan lokal sendiri. Oleh karena itu, kaum pecinta wayang, kaum Jawa harus berdaya upaya sendiri menyajikan kandungan ( content ) tentang wayang dan pakeliran wayang bernuansa lokal Jawa di jagad teknologi informatika ; untuk bisa bersaing menarik perhatian masyarakat. Langkah seribu kilometer dimulai dari langkah pertama.

.

.

Tujuan Blog ini :

.

Berbagi pengetahuan, dan ajakan untuk mengetahui salah satu butir – dari untaian kebudayaan / kesenian lokal Jawa hasil himpunan apresiasi para pendahulu berkelanjutan sampai kaum Jawa saat ini – yaitu wayang purwa Jawa.

.

Wahana yang dipakai untuk mewujudkan tujuan adalah kandungan ( content ) di internet yang memungkinkan di-akses oleh siapapun pada saat kapanpun dan dari manapun. Cara ini diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat dengan relatif mudah dan relatif murah.

.

Kami – para pamong blog – sehari-hari bukanlah pelaku seni, bukanlah penggiat seni. Kami hanyalah peng-apresiasi di luar lingkaran penggiat seni. Namun, secara pribadi, dalam meng-apresiasi wayang dan pakeliran wayang purwa Jawa kami sungguh menikmatinya, walaupun kami masih menyelam dangkal. Justru itu, kami ingin menyelam lebih dalam lagi. Dan mengajak siapapun untuk menengok, ‘ mencicipi ‘untuk tahu, apa itu wayang purwa Jawa. Awalnya dengan mengenal tokoh wayang nya.

.

Tujuan sekunder dari blog ini adalah mencoba melipat gandakan manfaat kandungan-kandungan ( content ) wayang milik para blogger wayang yang pada kenyataannya saat ini banyak terserak di internet. Secara alamiah, para blogger wayang mempunyai ciri spesifik sesuai dengan minatnya. Ada kandungan tentang pengetahuan wayang, seni kriya wayang tradisi, pendekatan teknologi digital seni kriya wayang, pustaka wayang, audio video wayang, berita kegiatan wayang. Jika kita bisa memanfaatkan teknologi saling taut di internet, khazanah kandungan wayang tersebut bisa berlipat ganda manfaatnya bagi masyarakat.  

.

.

Kerangka Blog ini :

.

Tulisan utama blog ini adalah uraian tokoh-tokoh wayang purwa Jawa. Pengelompokan tokoh disesuaikan dengan era jaman atau cerita yang melibatkan tokoh tersebut. Tulisan tersebut sedapat mungkin disertai dengan gambar wayang tokoh tersebut.

.

Masing-masing tulisan dibubuhi katagori dan tag , yang memudahkan pencarian tulisan ketika pengunjung memasukkan kata kunci di bagian pencarian , atau ketika pengunjung memilih klik dari butir katagori dan butir di ‘ tag cloud ‘ .

.

Kemudian untuk memperkaya uraian, disajikan informasi tautan ke laman lain ; bisa mengarahkan ke alamat ‘ file sharing ‘ gambar wayang dengan resolusi tinggi format JPG, file digital gambar wayang, foto wayang format JPG, ebook cerita atau ebook buku pengetahuan wayang lainnya format PDF, file digital format MP3 audio / video, atau laman berita wayang, dan tautan ke hal-hal lain yang saat ini belum terpikirkan.

.

Selain tulisan utama tentang tokoh , tidak tertutup kemungkinan disajikan tulisan penunjang lain yang berkaitan dengan pakeliran wayang purwa Jawa , misalkan terjemahan ( ke dalam bahasa Indonesia ) arti kata ucapan dalang dalam  ‘ Janturan ‘ adegan pertama. Misalkan lagi tulisan tentang tinjauan filosofis urutan Gendhing Talu. Misalkan lagi tulisan tentang pembuatan ‘ boneka ‘ wayang kulit. Tulisan penunjang ini menjadi tujuan kedua blog ini.

.

.

Harapan Pamong Blog ini :

.

Usaha dan blog kami ini hanyalah setetes air di samudera ‘ bebrayan ‘ masyarakat, dan jauh dari sempurna. Kami sangat mengharapkan tegur sapa, kritik dan saran membangun dari Anda.

.

Harapan kami semoga secuil peran serta kami meng-apresiasi wayang purwa Jawa ini , ‘ ibarat udhu klungsu sakpucuke kuku ireng ‘ , ada manfaatnya bagi masyarakat.

.

.

Salam kami :

17 Juli 2012
Salam kami para pamong,

Budi Adi Soewirjo, Kel. Jombang, Tangerang Selatan, Banten
Agus Andoko, Surakarta, Jawa Tengah

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s